DPPKB Sarolangun Ingatkan Dua Anak Cukup  

Selasa, 02 Juli 2019 - 09:40:52


Suasana peringatan Harganas ke XXVI di DPPKB Sarolangun
Suasana peringatan Harganas ke XXVI di DPPKB Sarolangun /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) melaksanakan kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-XXVI tahun 2019, Senin (01/07) pukul 9.00 WIB berlokasi di halaman kantor DPPKB Sarolangun. 

Menariknya, disela itu DPPKB menyerahkan hadiah berupa tropi dan bingkisan kepada sejumlah peserta lomba yang berprestasi dalam rangka memperingati Harganas ke XXVI. Adapun yang dilombakan, yakni lomba UPPKS, lomba PLKB, loma KB lestari, lomba keluarga harmonis, lomba bina keluarga Lansia, bina keluarga remaja, bina keluarga remaja,  bina keluarga balita, duta orang tua, KB lestari 20 tahun dan lainnya.

Kepala DPPKB, H Adnan HS SE MKes, dalam laporannya mengatakan setiap tanggal 29 Juni diperingati Harganas sejak tahun 1993 sesuai keputusan presiden Republik Indonesia pada tahun 2014.

Keputusan presiden ini dikarenakan pemerintah menyadari betapa pentingnya lembaga keluarga dalam membangun bangsa, serta membentuk anak bangsa sesuai dengan 8 fungsi keluarga yakni fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi sosial dan budaya dan fungsi lingkungan. 

"Tema pelaksanaan Harganas ke 26 ini, Hari Keluarga, hari kita semua, dengan slogan cinta keluarga, cinta terencana. Maka antar keluarga, tetangga, sesama kita saling berjabat tangan dan memberi salam selamat harganas. Semoga dengan kegiatan ini dapat dijadikan daya bangkit untuk membangun keluarga," katanya. 

Selain itu sebut Kepala DPPKB, penggunaan kontrasepsi dan program dua anak cukup tahun 2019 dinilai berhasil.

“Jumlah anak yang lahir dari keluarga produktif bisa ditekan dengan jumlah anak rata-rata 2 sampai tiga anak saja,”ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Hillalatil Badri mengatakan keluarga adalah lembaga keluarga merupakan tempat berseminya kasih sayang, tempat sikap prilaku hormat menghormati, tempat berlangsungnya interaksi harmonis, dan saling asuh serta saling asah antara sesama keluarga.

"Kita ingatkan bahwa keluarga kita itu harus tumbuh dengan baik, tentram, tidak suka kekerasan, berakhlak, menjungjung tinggi kebersamaan, mencerimankan kepribadian dan jati diri. Kita secara keseluruhan marilah kita berpikir ke depan untuk daerah kita, untuk anak cucu kita. Mari kita lakukan akivitias yang mengarah kebersamaan dalam keluarga, dalam memuwujudkan ketahanan keluarga," katanya. 

Wabup juga meminta kepada pemerintah kecamatan hingga ke desa, serta para petugas penyuluh KB dilingkungan DPPKB untuk terus semangat mensukseskan program keluarga berencana, dalam membangun Kabupaten Sarolangun yang lebih maju dan sejahtera. 

"Para petugas penyuluh KB saya harap teruslah mensukseskan program ini. Kita harus menurunkan jumlah angka kematian ibu dan bayi pada saat melahirkan. Selamat memperingati harganas ke-26, pertahankan dan kembangkanlah terus program keluarga berencana," katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati H Hillaltil Badri, Kepala DPPKB Adnan, M. Kes, Sekretaris DPPKB Irwan Mizwar, M. Kes, para Kepala OPD, Para Camat, serta Tim Penggerak PKK, para penyuluh KB se Kabupaten Sarolangun dan masyarakat. 

 

Penulis : Charles R

Editor : Ansory